Mungkin kita sudah tidak asing dengan tipe data primitif yang biasa kita gunakan seperti int, byte, long, double dan lain-lain.
Contoh :
int i = 2000; float gpa = 10.26; byte mask = 0xaf;
Namun dalam perkembangannya kita akan meneumukan situasi dimana kita menggunakan objek bukan dari tipe data primitif. Dalam hal ini Java menyediakan class wrapper, semua class wrapper (Integer, Long,Short, Byte, Double, Float) adalah subclass dari class bilangan abstrak.
Objek dari class wrapper mengandung atau membungkus tipe data primitifnya masing-masing. mengkonversi tipe data primitif ke object disebut boxing, dan ini diurus oleh compiler. Oleh karena itu saat menggunakan class wrapper kita hanya perlu melewati nilai tipe data primitif ke constructor dari class wrapper.
Objek wrapper dikonversikan kembali ke tipe data primitif, dan dalam proses ini disebut unboxing. Class bilangan merupakan bagian dari java.lang.package.
Berikut adalah contoh dari boxing dan unboxing:
public class Test{ public static void main(String args[]){ Integer x = 5; // membungkus int ke Integer object x = x + 10; // membuka bungkusan Integer ke int System.out.println(x); } }
Berikut adalah hasil dari kode diatas
15
Methods Bilangan
Berikut adalah daftar instance methods yang semua subclasses dari class bilangan diimplementasikan :
No | Metode dengan Deskripsi |
---|---|
1 |
Mengkonversi nilai bilangan objek untuk tipe data xxx dan mengembalikannya.
|
2 |
Membandingkan nilai bilangan objek kepada argumen.
|
3 |
Menentukan apakah jumlah bilangan objek sama dengan argumen.
|
4 |
Mengembalikan sebuah objek Integer memegang nilai primitif tertentu.
|
5 |
Mengembalikan sebuah objek String yang mewakili nilai int atau Integer tertentu.
|
6 |
Metode ini digunakan untuk mendapatkan tipe data primitif dari String tertentu.
|
7 |
Mengembalikan nilai absolut dari argumen.
|
8 |
Mengembalikan integer terkecil yang lebih besar dari atau sama dengan argumen. Kembali sebagai double.
|
9 |
Mengembalikan bilangan bulat terbesar yang kurang dari atau sama dengan argumen. Kembali sebagai double.
|
10 |
Mengembalikan integers yang terdekat dari nilai argumen.Kembali sebagai double.
|
11 |
Mengembalikan long atau int terdekat, seperti yang ditunjukkan oleh method tipe return, kembali untuk argumen.
|
12 |
Mengembalikan nilai yang lebih kecil dari dua argumen.
|
13 |
Mengembalikan nilai yang lebih besar dari dua argumen.
|
14 |
Mengembalikan dasar logaritma natural, e, dengan kekuatan argumen.
|
15 |
Mengembalikan logaritma natural dari argumen.
|
16 |
Mengembalikan nilai argumen pertama yang ditingkatkan dari argumen kedua.
|
17 |
Mengembalikan akar kuadrat dari argumen.
|
18 |
Mengembalikan sinus dari nilai double yang ditentukan.
|
19 |
Mengembalikan cosinus dari nilai double yang ditentukan.
|
20 |
Mengembalikan tangen dari nilai double yang ditentukan.
|
21 |
Mengembalikan arcsine dari nilai double yang ditentukan.
|
22 |
Mengembalikan arccosine dari nilai double yang ditentukan.
|
23 |
Mengembalikan arctangent dari nilai double yang ditentukan.
|
24 |
Mengkonversi koordinat persegi panjang (x, y) ke koordinat polar (r, theta) dan kembali ke theta.
|
25 |
Mengkonversi argumen ke derajat
|
26 |
Mengkonversi argumen ke radian.
|
27 |
Mengembalikan nomor acak.
|
+Java Programming Tutorials +java programming +Java Programming +NetBeans
0 comments:
Post a Comment