Selamat Datang Di Programmer Galau Lagi

Tempat programmer galau mencurahkan isi hatinya

Dasar - Dasar SQL Server

SQL Server merupakan sistem manajemen basis data relasional yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan berskala kecil sampai berskala internasional, dalam prakteknya ternyata SQL Server merupakan sintaks yang mudah dipelajari.

Belajar SEO

SEO (Search Engine Optimization) menjadi hal yang sangat penting dalam pembuatan situs/web site, banyak hal sederhana yang ternyata dapat mempengaruhi peringkat web site kalian.

Journalist Development Program 2016 TVOne

Pengalaman ane tentang JDP (Journalist Development Program) 2016 Di TVOne, tentang seluk beluk JDP, dan proses seleksi yang ane ikuti, banyak kisah dan fakta unik yang terjadi selama JDP.

Saingi Oculus Rift, SONY™ Segera Luncurkan PlayStasion VR

SONY™ segera meluncurkan PlayStation VR (Virtual Reality) pada kuartal pertama tahun 2016. Memang belum jelas kapan PlayStation VR dirilis tapi SONY™ sudah membocorkan spesifikasi serta trailer game yang dapat dimainkan khusus dan eksklusif di PlayStation VR.

Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Sepeda Motor Honda Supra Fit

Sistem pakar menggunakan Visual Basic 6.0 dan database Microsoft Access 2007, lengkap dengan solusi dan standar penanganan kerusakan.

Belajar Java Dengan NetBeans IDE

Java merupakan bahasa pemrograman open source dan mendukung pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming), membuat aplikasi Java semakin mudah dengan kehadiran NetBeans IDE. Ayo belajar Java !

Thursday, 7 January 2016

isDigit() Method Pada Java - isDigit() Method - Java NetBeans

Metode menentukan apakah nilai char yang ditentukan adalah digit angka.

 Syntax :

Berikut adalah syntax dari isDigit() Method.
boolean isDigit(char ch)

Catatan :

  • ch - tipe character primitif.
  • Metode ini memberikan nilai true jika karakter benar-benar sebuah digit angka.

Contoh :

Bukalah NetBeans kalian buatlah class baru bernama Test lalu tuliskan kode berikut.
public class Test {

   public static void main(String args[]) {
      System.out.println(Character.isDigit('c'));
      System.out.println(Character.isDigit('5'));
   }
}
Berikut adalah hasil dari kode diatas.
false
true

Wednesday, 6 January 2016

isLetter() Method Pada Java - isLetter() Method - Java NetBeans

Method ini memeriksa apakah nilai char yang ditentukan adalah huruf (letter).

Syntax :

Berikut adalah syntax dari isLetter() Method.
boolean isLetter(char ch)

Catatan :

  • ch - tipe data character primitif.
  • Method ini mengembalikan nilai true jika character benar berisi character huruf.

Contoh :

Bukalah NetBeans kalian buatlah class baru bernama Test lalu tuliskan kode berikut.
public class Test {

   public static void main(String args[]) {
      System.out.println(Character.isLetter('c'));
      System.out.println(Character.isLetter('5'));
   }
}
Berikut adalah hasil dari kode diatas.
true
false


Class Karakter Pada Java - Character Class - Java NetBeans

Biasanya kita menggunakan tipe data primitif char sebagai tipe data untuk karakter.

Contoh :

char ch = 'a';

// Unicode untuk uppercase Greek omega karakter
char uniChar = '\u039A'; 

// sebuah array dari chars
char[] charArray ={ 'a', 'b', 'c', 'd', 'e' }; 

Namun dalam pengembangannya kita akan dihadapkan pada situasi dimana kita perlu menggunakan object bukan tipe data primitif. Dalam hal ini Java menyedikan wrapper class character untuk tipe data primitif char.

Class character menawarkan sejumlah class yang dapat digunakan contoh (static) method untuk memanipulasi character. Kita dapat menggunakan character object  dengan character constructor. 
Character ch = new Character('a');

Java compiler juga akan membuart character object untuk kita dalam kondisi tertentu. Misalnya kita menggunakan char primitif yang menjadi method mengharapkan sebuah object, compiler akan mengkonversi char ke character secara otomatis. Fitur ini disebut autoboxing atau unboxing jika konversi berjalan dengan cara yang berbeda.

Contoh :

// Berikut adalah tipe data primitif char 'a'
// boxed pada the Character object ch
Character ch = 'a';

// Berikut tipe data primitif 'x' yang telah terboxed untuk method test,
// dikembalikan atau unboxed ke char 'c'
char c = test('x');

Escaped Sequences :


Sebuah karakter didahului dengan backslash (\) adalah urutan escape dan memiliki arti khusus untuk compiler.



Baris baru character (\n) telah sering digunakan dalam postingan sebelumnya di System.out.println () pernyataan untuk maju ke baris berikutnya setelah string dicetak.



Tabel berikut menunjukkan urutan escape Java :

Urutan escapeDeskripsi
\ tMenyisipkan tab dalam teks pada saat ini.
\ bMenyisipkan backspace dalam teks pada saat ini.
\ nMenyisipkan baris baru dalam teks pada saat ini.
\ rMenyisipkan carriage return dalam teks pada saat ini.
\ fMenyisipkan feed dalam teks pada saat ini.
\ 'Menyisipkan karakter kutip tunggal dalam teks pada saat ini.
\ "Menyisipkan karakter kutipan ganda dalam teks pada saat ini.
\\Menyisipkan karakter backslash dalam teks pada saat ini.

Ketika urutan escape ditemui dalam sebuah print statement, compiler akan menafsirkannya dengan sesuai.

Contoh :


Jika kita ingin menempatkan kutipan dalam tanda kutip kita harus menggunakan urutan escape, \", pada kutipan interior:

Bukalah NetBeans kalian buatlah class bernama Test lalu tuliskan kode berikut.
public class Test {

   public static void main(String args[]) {
      System.out.println("dia berkata \"Hello!\" kepadaku.");
   }
}
Berikut adalah hasil dari kode diatas.
dia berkata "Hello!" kepadaku.

Character Methods :


Berikut adalah daftar contoh method penting semua subclass dari class character yang dapat diterapkan:

NoMethod dengan Deskripsi
1isLetter()
Menentukan apakah nilai char yang ditentukan adalah huruf.
2isdigit()
Menentukan apakah nilai char yang ditentukan adalah digit angka.
3isWhitespace()
Menentukan apakah nilai char yang ditentukan adalah spasi.
4isUpperCase()
Menentukan apakah nilai char yang ditentukan adalah huruf besar.
5isLowerCase()
Menentukan apakah nilai char yang ditentukan adalah huruf kecil.
6toUpperCase()
Mengembalikan bentuk huruf besar dari nilai char yang ditentukan.
7toLowerCase()
Mengembalikan bentuk huruf kecil dari nilai char yang ditentukan.
8toString()
Mengembalikan sebuah objek String yang mewakili character tertentu valuethat adalah, satu string character.
Untuk daftar lengkap dari metode, silakan lihat spesifikasi java.lang.Character API. Keep It Up Guys !!!
Baca Juga : Class Bilangan Pada Java


+Java Programming Tutorials +NetBeans 

random() Method Pada Java - random() Method - Java NetBeans

Method ini digunakan untuk menghasilkan nomor acak antara 0,0 dan 1,0.Rentangnya adalah : 0.0 = <Math.random <1.0. Rentang yang berbeda dapat dicapai dengan menggunakan aritmatika.

Syntax :

Berikut adalah syntax dari random() method.
static double random()

Catatan :

  • random() adalah method standar dan tidak menerima parameter.
  • Mehod ini mengembalikan tipe data double()

Contoh :

Bukalah NetBeans kalian buatlah class baru bernama Test lalu tuliskan kode berikut.
public class Test{ 

   public static void main(String args[]){
     System.out.println( Math.random() );
     System.out.println( Math.random() );
   }
}
Berikut adalah hasil dari kode diatas.
0.16763945061451657
0.400551253762343

toRadian() Method Pada Java - to()Radian - Java NetBeans

Method ini mengubah nilai argumen ke radian.

Syntax :

Berikut adalah syntax dari toRadian() method.
double toRadians(double d)

Catatan :

  • d - tipe data double yang ditentukan.
  • Method ini mengembalikan nilai double.

Contoh :

Bukalah NetBeans kalian buatlah class baru bernama Test lalu tuliskan kode berikut.
public class Test{ 

   public static void main(String args[]){
     double x = 45.0;
     double y = 30.0;

     System.out.println( Math.toRadians(x) );
     System.out.println( Math.toRadians(y) );
   }
}
Berikut adalah hasil dari kode diatas.
0.7853981633974483
0.5235987755982988

toDegrees() Method Pada Java - toDegrees() - Java NetBeans

Method ini mengubah nilai argumen ke degree (derajat)

Syntax :

Berikut adalah syntax untuk toDegrees() method.
double toDegrees(double d)

Catatan :

  • d - tipe data double yang ditentukan.
  • Method ini mengembalikan nilai double.

Contoh :

Bukalah NetBeans kalian buatlah class baru bernama Test lalu tuliska kode berikut.
public class Test{ 

   public static void main(String args[]){
     double x = 45.0;
     double y = 30.0;

     System.out.println( Math.toDegrees(x) );
     System.out.println( Math.toDegrees(y) );
   }
}
Berikut adalah hasil dari kode diatas.
2578.3100780887044
1718.8733853924698

atan2() Method Pada Java - atan2() Method - Java NetBeans

Metode Mengkonversi koordinat persegi panjang (x, y) ke koordinat polar (r, theta) dan kembali ke theta.

Syntax :

Berikut adalah syntax dari atan2() method
double atan2(double y, double x)

Catatan :

  • x - x koordinat pada tipe data double.
  • y - y koordinat pada tipe data double.
  • Method ini mengembalikan theta dari koordinat polar (r, theta)

Contoh :

Bukalah NetBeans kalian buatlah class baru bernama Test lalu tuliskan kode berikut.
public class Test{ 

   public static void main(String args[]){
     double x = 45.0;
     double y = 30.0;

     System.out.println( Math.atan2(x, y) );
   }
}
Berikut ini adalah hasil dari kode diatas.
0.982793723247329



Tuesday, 5 January 2016

acos() Method Pada Java - acos() Method - Java NetBeans

Method ini mengembalikan nilai arccosine dari nilai double yang ditentukan.

Syntax :

Berikut adalah syntax dari acos() method
double acos(double d)

Catatan :

  • d - tipe data double yang telah ditentukan.
  • Method ini mengembalikan nilai arccosine dari nilai double yang ditentukan.

Contoh :

Bukalah NetBeans kalian buatlah class baru bernama Test lalu tuliskan kode berikut.
public class Test{ 

   public static void main(String args[]){
     double degrees = 45.0;
     double radians = Math.toRadians(degrees);

     System.out.format("nilai dari pi adalah %.4f%n", Math.PI);
     System.out.format("arccosine dari %.4f adalah %.4f derajat %n", Math.cos(radians), Math.toDegrees(Math.acos(Math.sin(radians))));

   }
}
Berikut adalah hasil dari kode diatas.
nilai dari pi adalah 3.1416
arccosine dari 0.7071 adalah 45.0000 derajat 

atan() Method Pada Java - atan() Method - Java NetBeans

Method ini mengembalikan nilai arctangent dari nilai double yang ditentukan.

Syntax :

Berikut adalah syntax dari atan() method.
double atan(double d)

Catatan :

  • d - tipe data double yang ditentukan.
  • Method ini mengembalikan nilai arctangent dari nilai double yang ditentukan.

Contoh :

Bukalah NetBeans kalian buatlah class baru bernama Test lalu tuliskan kode berikut.
public class Test{ 

   public static void main(String args[]){
     double degrees = 45.0;
     double radians = Math.toRadians(degrees);

     System.out.format("nilai dari pi adalah %.4f%n", Math.PI);
     System.out.format("arctangent dari %.4f aadalah %.4f derajat %n", Math.cos(radians), Math.toDegrees(Math.atan(Math.sin(radians))));

   }
}
Berikut adalah hasil dari kode diatas.
nilai dari pi adalah 3.1416
arctangent dari 1.0000 adalah 45.0000 derajat


asin() Method Pada Java - asin() Method - Java NetBeans

Mehod ini mengembalikan nilai arcsine dari nilai double yang ditentukan

Syntax :

Berikut adalah syntax dari asin() method
double asin(double d)

Catatan :

  • d - tipe data double yang ditentukan.
  • Mehod ini mengembalikan nilai arcsine dari nilai double yang ditentukan

Contoh :

Bukalah NetBeans kalian buatlah class baru bernama Test lalu tuliskan kode berikut
public class Test{ 

   public static void main(String args[]){
   
     double degrees = 45.0;
     double radians = Math.toRadians(degrees);

     System.out.format("nilai dari pi adalah %.4f%n", Math.PI);
     System.out.format("arcsine dari %.4f adalah %.4f derajat %n", Math.sin(radians), Math.toDegrees(Math.asin(Math.sin(radians))));

   }
}
Berikut adalah hasil dari kode diatas
nilai dari pi adalah 3.1416
arcsine dari 0.7071 adalah 45.0000 derajat
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com